SKRIPSI

Penulis / NIM
SUSANTI K. MOHAMAD / 151414184
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK Susanti. 2018. Penerapan Media Konkret Pada Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas III Di SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo, Skripsi, Jurusan Pendidkan Guru Sekolah Dasar. Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Evi Hasim, M.Pd Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan media konkret pada kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III di SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini yakni untuk menerapkan media konkret pada kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III di SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo. Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrument sekaligus pengumpul data dengan cara observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang deskripsi penerapan media konkret pada kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III di SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo dari jumlah siswa sejumlah 20 siswa, yang baik terdapat 16 orang atau 80% siswa, yang cukup kurang 0% siswa dan yang kurang 4 orang siswa atau 20% dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media konkret. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III di SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo sudah mampu dalam menulis karangan deskripsi menggunakan media konkret. Adapun saran dalam mengajar hendaknya media yang dapat menarik dan menjadikan pembelajaran lebih aktif sehingga menghindari keadaan kelas yang menoton. Misalnya seperti menggunakan media konkret untuk memotivasi siswa agar lebih tertarik dalam belajar. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat menjadi bahan rekomendasi untuk peneliti selanjutnya. Kata Kunci : Media Konkret, Karangan Deskripsi ABSTRACT Susanti. 2018. The Application of Concrete Media on the Students' Writing Ability of Descriptive Essay in the Third Grade of Elementary School SDN 106 Kota Utara in Gorontalo City. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education. Principal Supervisor : Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Co-Supervisor : Dra. Evi Hasim, M.Pd. The Problem in this research is how the concrete media is applied to improve the descriptive essay writing ability of students at SDN 106 Kota Utara, Gorontalo city. This study aims to apply concrete media on the writing ability of descriptive essay of the third-grade students at SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo. The study employed a descriptive method in which the researcher acts as the instrument and data collector. The result reveals that the application of concrete media on the students' Writing ability of descriptive essay, there are 16 out of 20 students or around 20% achieved good category. In addition, there are 0% students obtained sufficient (average) category and another four students ar around 20% got below average by using concrete media in their descriptive essay. It can be concluded that the third-grade students at SDN 106 Kota Utara able to write a descriptive essay using concrete media. It is also suggested that the use of media should attract students' interest and that creates a more active learning activity. This can be done, for example, by utilizing concrete media to motivate students to be more interested in the learning process. This study is expected to provide a recommendation for further research. Keywords : Concrete Media, Description Essay
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011