Penulis / NIM
REZKY KURNIAWAN RAHIM / 151414186
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Rezky Kurniawan Rahim. 2018. Meningkatkan kemampuan tari danca seri b melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 26 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, M.Si dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui metode demonstrasi kemampuan tari danca seri b pada siswa kelas IV SDN 26 Dungingi Kota Gorontalo dapat ditingkatan?". Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memperagakan tari danca seri b melalui metode demonstrasi di kelas IV SDN 26 Dungingi Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hipotesis tindakan dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah "Jika menggunakan metode demonstrasi maka kemampuan siswa memperagakan tari danca seri b di kelas IV SDN 26 Dungingi Kota Gorontalo dapat meningkat.
Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh data, dari 35 orang siswa yang dikenai tindakan pada siklus I hanya 14 orang siswa (45,7%) yang memiliki kemampuan menari, pada siklus II meningkat menjadi 31 orang siswa (88,5%) yang sudah memiliki kemampuan menari. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi kemampuan siswa memperagakan tari danca seri b di kelas IV SDN 26 Dungingi Kota Gorontalo Meningkat.
Kata kunci : Metode Demonstrasi, Tari Danca Seri B
ABSTRACT
Rahim, Rezky Kurniawan. 2018. Improving Fourth Grade Students' Skills of Danca Serie B Dance through Demonstration Method at Elementary School SDN 26 Dungingi, Gorontalo. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Drs. Haris Mahmud, M.Si. Co-supervisor: Wiwi T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
The problem statement of this research is "Whether or not fourth grade students' skills of Danca Serie B Dance at Elementary School SDN 26 Dungingi, Gorontalo can be improved through the demonstration method." This study is intended to improve the aforementioned skills through Demonstration Method in the site area. The action hypothesis of this classrooom action research is "Using a demonstration method can improve fourth grade students' ability to perform Danca Serie B Dance".
The results reveal that out of 35 students who were the subjects in cycle I, only 14 students (45,7%) have dance skills. However, in cycle II, it increases to 31 students (88,5%) who already have dance skills. Therefore, the demonstration method is able to improve fourth grade students' skills of Danca Serie B Dance at Elementary School SDN 26 Dungingi, Gorontalo.
Keywords: Demonstration Method, Danca Serie B Dance
Download berkas