Penulis / NIM
NI NYOMAN SULISTIANI / 151415019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Nyoman, Ni Sulistiani. 2019. Analisis Ketersediaan, Kondisi, Dan Penggunaan Media Pembelajaran Bangun Ruang di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd.,M.Si dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd.,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ..." Bagaimanakah ketersediaan, kondisi, dan penggunaan media pembelajaran bangun ruang di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketersediaan, kondisi, dan penggunaan media pembelajaran bangun ruang di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian ini yakni ketersediaan, kondisi, dan penggunaan media pembelajaran bangun ruang. Sampel penelitian ini adalah guru kelas V dan VI di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo yang berjumlah 26 guru. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket. Berdasarkan uji validitas, diperoleh 39 item pernyataan valid dengan koefisien validitas antara 0,455 hingga 0,77, sedangkan reliabilitas angket yaitu 0,924. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Hasil perhitungan analisis statistik deskriptif 26 responden pada variabel ketersediaan media pembelajaran bangun ruang diperoleh mean skor 8,6 yang berada pada interval 8 X < 12 sehingga termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan analisis statistik deskriptif 26 responden pada variabel kondisi media pembelajaran bangun ruang diperoleh mean skor 19,27 yang berada pada interval 14 X < 21 sehingga termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan analisis statistik deskriptif 26 responden pada variabel penggunaan media pembelajaran bangun ruang diperoleh mean skor 93,77 yang berada pada interval 84 X sehingga termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketersediaan dan kondisi media pembelajaran bangun ruang di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo berada dalam kategori sedang, sedangkan penggunaan media pembelajaran bangun ruang di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo berada dalam kategori tinggi.
Kata Kunci : Ketersediaan Media Pembelajaran Bangun Ruang, Kondisi Media Pembelajaran Bangun Ruang, Penggunaan Media Pembelajaran Bangun Ruang
Download berkas