Penulis / NIM
NUR'AIN USMAN / 151415026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
ABSTRAK
Usman, Nurain. 2021. Implementasi Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Tema 9 Sub Tema 2 untuk meningkatkan Keaktifan Sains Siswa Kelas 5 SDN 1 Bulango Selatan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si. Pembimbing II. Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah Implementasi Model Inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan sains siswa kelas 5 SDN 1 Bulango Selatan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Implementasi Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan Keaktifan siswa pada muatan pelajaran IPA tema 9 kelas 5 SDN 1 Bulango Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 24 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Untuk keterlaksanaan keterampilan proses sains siswa berdasarkan aktivitas siswa pada pertemuan I diperoleh 70% dengan kategori baik, pertemuan II diperoleh 75% dengan kategori baik dan pertemuan III diperoleh 80% dengan kategori sangat baik. Dari penjelasan tersebut, didapatkan kenaikan persentase keterlaksanaan keterampilan proses sains siswa dari pertemuan I, II dan III. Meskipun demikian, untuk persentase keterlaksanaan aspek menganalisis data masih rendah. Hal tersebut dikarenakan pada pertemuan sebelumnya, siswa belum pernah melakukan percobaan, penyajian materi pelajaran hanya dengan metode ceramah sehingga ketrampilan menganalisis data siswa rendah
.
Kata kunci: Keaktifan Sains, Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar IPA
Download berkas