Penulis / NIM
DEVI SULISMAWATI YALASING / 151415029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Devi Sulismawati Yalasing. 2019 . Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. Pembimbing II Dra. Hakop Walangadi, M.Si.
Rumusan masalah penelitian "Bagaimanakah pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SDN 83 Kota Tengah. Tujuan penelitian, untuk mengetahui Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 83 Kota Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui Angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah "ex post facto Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 83 Kota Tengah yang berjumlah 25 siswa. Sampel penelitian ini adalah 25 orang.
Hasil perolehan menyatakan Terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi variabel Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada pelajaran IPS di kelas V SDN 83 Kota Tengah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian t untuk variabel X "Motivasi Belajar diperoleh nilai thitung =2,114. Hasil tersebut jika dibandingkan dengan ttabel menggunakan batas signifikan 0,05, dan nilai uji signifikan yang telah ditetapkan bahwa harga F tabel diperoleh F tabel = f (1-) : N-k-1. Jika menggunakan taraf nyata = 0,05 maka F = 4.54. ternyata harga F hitung < F tabel atau 4,469 > 4,54 Sehingga dapat disimpulkan persamaan regresi berbentuk signifikan. melalui pengujian koefisiensi sederhana maka diperoleh harga r = 0.411 dengan koefisien determininasi sebesar 41,1 % yang telah dianalisis yang dihubungkan dengan Kriteria pengujian statistika t bahwa t hitung lebih besar dari pada t daftar atau harga tdaftar lebih kecil dari pada t hitung yakni 6,520 > 2.059 sehingga dapat disimpulkan bahwa HO diterima dan menolak HI . Dengan demikian dapat disimpulkan koefisien signifikan. Artinya pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS.
Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, IPS
Download berkas