Penulis / NIM
WAWIN MAHMUD / 151415065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Wawin Mahmud. 2019. Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA di SDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ..."Apakah terdapat hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Untuk melihat hubungan minat belajardengan prestasi belajar, maka digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eks post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan VSDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo dengan pengambilan sampel sebanyak 41 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi, angket, dan observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji Pearson dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji hipotesis yaitu nilai thitung = 6,243 dan ttabel = 2,020, maka thitung > ttabel. Artinya, H0 ditolak dan H1 diterima. Uji signifikan korelasi yang dilakukan juga memperoleh hasil dalam kategori kuat dengan nilai sebesar 0,643 dan taraf signifikan 0,000 0,05. Sehingga, dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan signifikan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPA di SDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Minat Belajar, Prestasi Belajar.
Download berkas