SKRIPSI

Penulis / NIM
MISRA I. LOGA / 151415067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Loga. Misra I 2020. Kemampan Membaca Permulaan Menggunakan Media Cerita Bergambar di Kelas II SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd, Pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ƒ..."Bagaimana kemampuan membaca permulaan mengunaan media cerita bergambar di kelas II SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo?ƒ‚. Tujuan penelitian ini, mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan menggunakan media cerita bergambar. Metode Penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu tehnik wawancara, observasi, dokumentasi dan Tes. dilaksanakan di SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa 28 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan data, dari 28 siswa pada aspek Membaca suku kata dan kata menjadi kalimat siswa yang mampu ada 19 (67,86%), kurang mampu ada 6 (21,42%) dan tidak mampu ada 3 (10,71%), pada aspek membaca kalimat sederhana yang terdiri dari 15-20 kalimat yang mampu ada 18 (64, 29%), kurang mampu ada 6 (21, 42%), dan tidak mampu ada 4 (14, 29%). Pelafalan dan intonasi yang tepat yang mampu ada 16 (57, 14%), kurang mampu 8 (28, 57%) dan yang tidak mampu ada 4 (14, 29%). Untuk penilaian dari ketiga aspek terhadap 28 siswa kelas II, terdapat 19 atau 67,86 % tergolong kategori mampu, 6 atau 21, 42% yang kurang mampu, dan yang tidak mampu ada 3 atau 10,71%. Kesimpulannya kemampuan membaca permulaan menggunaan media cerita bergambar di kelas II SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo suda baik, dengan hasil capaian 67, 86 %. Kata kunci: Membaca Permulaan, Media Cerita Bergambar Abstrack Loga, Misra I. 2020. Early Reading Skill Appliying Picture Book Media at Grade II in SDN (Ellementary School) of 1 Telaga, Gorontalo Sub-disrict. Skripsi. Departemen of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Dr. Yusuf Jafar M.Pd and The Co-Supervisor is Sumarni Mohamad, S.Pd., M.Pd The research problem is ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒ..."how this early reading skill applying picture book media at grade II in SDN (Elementary school) of 1 Telaga, Gorontalo sub-district?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚. This researc aims to describe early reading skill applying picture book media. The method ia a qualitative method. Furthermore, the data were collected from the interview, observation, documentatio and tes. It is conducted in SDN (Elementary school) of 1 Telaga. Gorontalo sub-district to 28 students. The finding reveal that on the asspect of reading syllables and word to be setences, out of 28 students, there are 19 studensts (67,86%) who are able, 6 students (21,42%) who are less able and 3 students (10,71%) who are not able. On the aspect of reading a sample setence of 15-20 setences, the are 18 students (64, 29%), who are able, 6 students (21, 43%), who are less able and 4 students 4 (14, 29%) who are not able. For the assessment of all three aspect towards 28 studentsof grade II, there are 19 students or (67,86%) who are able, 6 students or 21,42% who are less able and 3 students 10,71% who are not able. The conclusion is the early reading skill applying picture book is good already with the precentage of 67, 86%. Keyword, Early Reading, Picture Book Media.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011