Penulis / NIM
IKHFAN SULEMAN / 151415069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
IKHFAN SULEMAN / 151415069, Meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Gorontalo menggunakan media audio lingual kelas V SDN 03 marisa, kecamatan Marisa. Kabupaten Pohuwato. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum Dan Pembimbing II Dr. Rusmin Husain, S.Pd. M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini" Bagaimana Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Gorontalo Menggunakan Metode Audio lingual Pada Siswa Kelas V SDN 03 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Penelitian ini bertujuan mempermudah atau mendorong kemampuan penguasaan kosakata bahasa Gorontalo Yang dipengaruhi Metode Audio Lingual dikelas V SDN 03 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, tes dan dokumentasi
Pada observasi awal menunjukkan bahwa dari 18 siswa hanya 6 siswa (33.33%) yang mampu menguasai kosakata bahasa Gorontalo dan 12 siswa (66.67%) yang belum mampu. Berdasarkan hasil penelitian siklus I menunjukkan peningkatan 12 siswa (66,67%) dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 16 siswa (88,89%). Dari hasil penelitian yang signifikan pembahasan yang telah dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode audio lingual, penguasaan kosakata bahasa Gorontalo pada siswa kelas V SDN 03 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato" meningkat
Kata kunci: penguasaan kosakata, metode audio lingual
ABSTRACT IKHFAN SULEMAN / 151415069, Improving vocabulary mastery of Gorontalo language using audio lingual media for class V SDN 03 marisa, Marisa district. Pohuwato Regency. Thesis, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University, Supervisor I Dra. Dajani Suleman, M.Hum and Advisor II Dr. Rusmin Husain, S.Pd. M.Pd The problem in this study is "How to Improve Mastery of Gorontalo Language Vocabulary Using the Audio-lingual Method in Class V Students of SDN 03 Marisa, Marisa District, Pohuwato Regency. This research aims to facilitate or encourage the ability of vocabulary mastery in Gorontalo which is influenced by the Audio Lingual Method in class V SDN 03 Marisa, Marisa District, Regency. Pohuwato. This type of research is Classroom Action Research. This research was conducted in two cycles. Data collection techniques in this study were observation, tests and documentation Initial observations show that out of 18 students only 6 students (33.33%) are able to master the vocabulary of Gorontalo and 12 students (66.67%) who are not yet capable. Based on the results of the research cycle I showed an increase in 12 students (66.67%) and in the second cycle had a significant increase, namely to 16 students (88.89%). From the significant results of the discussion that has been done, the researcher concludes that by using the audio lingual method, the vocabulary mastery of Gorontalo language in grade V SDN 03 Marisa, Marisa District, Pohuwato Regency "increases.
Key words: vocabulary mastery, audio lingual method
Download berkas