SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI YEYEN ALIM / 151415072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Masalah dalam penelitian adalah Apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Scycle Fraction Terhadap Penjumlahan Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Tilamuta?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Scycle Fraction Terhadap Penjumlahan Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Tilamuta. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Desain penelitian one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan Scycle Fraction berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika, Hasil ini dapat ditinjau dari nilai rata-rata pretest dalam pembelajaran adalah 46,81 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan nilai rata-rata posttest menjadi 78,63. Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t posttest pada taraf a = 0,05 didapat t hitung 11.701 dengan t tabel adalah 2,30 atau (thitung 11.701 ƒƒ‚‚ƒ‚ ttabel 2,05) Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga papan lingkaran terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan pada kelas IV SDN 02 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Kata kunci: Scycle Fraction, Penjumlahan Pecahan ABSTRACT The problem in this research is whether there is an effect of using Scycle Fraction on the Addition of Simple Fractions in Class IV Students of SDN 02 Tilamuta ?. The purpose of this study was to determine the effect of using Scycle Fraction on the addition of simple fractions in fourth grade students of SDN 02 Tilamuta. This type of descriptive quantitative research. One group prettest-posttest research design. This study uses data collection techniques through tests and documentation. The sample of this research was 22 grade IV students. The results showed that the effect of using Scycle Fraction had a significant effect on Mathematics Learning Outcomes. These results can be seen from the average pretest score in learning was 46.81 and after learning the posttest average value was 78.63. This is reinforced by the results of hypothesis testing with t-test posttest at level a = 0.05, it is obtained t count 11,701 with t table is 2.30 or (tcount 11,701 ƒƒ‚‚ƒ‚ ttable 2,05) This shows that there is an effect of using board props. circle on student learning outcomes on the material of adding fractions in grade IV SDN 02 Tilamuta, Boalemo Regency. Keywords: Scycle Fraction, Addition of Fractions
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011