Penulis / NIM
MELISA T. AKASE / 151415076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Akase T. Melisa 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Metode Talking Stick Kelas IV SDN 6 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Djafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah kemampuan berbicara menggunakan metode talking stick pada siswaa kelas IV SDN 6 Biluhu meningkat?. Tujuan penelitan adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa menggunakan metode talking stick pada siswa kelas IV SDN 6 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan dokumentasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika digunakan metode talking stick maka kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 6 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo akan meningkat.
Dari hasil observasi awal menunjukan bahwa dari 20 orang siswa terdapat 1 orang atau 5% yang memiliki kemampuan berbicara, setelah diterapkan metode pembelajaran talking stick pada tindakan siklus I hanya 8 orang siswa (40%) yang memiliki kemampuan berbicara, dan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan menjadi 16 orang siswa (80%) yang memilki kemampuan berbicara. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode talking stick kemampuan berbicara siswa di kelas IV SDN 6 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Metode Talking Stick
Download berkas