Penulis / NIM
MELIYANI / 151415079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 89 Sipatana. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr Candra Cuga, M.Pd dan pembimbing II Sarlin Mohamamad, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian adalah sebagai berikut: Bagaimana Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 89 Sipatana?. Tujuan dalam peneltian ini adalah untuk mendeskripsikan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 89 Sipatana. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran yang jelas tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 89 Sipatana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di SDN 89 Sipatana ditandai (1) Faktor Internal adalah Faktor yang bersumber dari dalam diri siswa yang mempengaruhi kemampuan belajarnya. Faktor internal ini meliputi: kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan. (2) Faktor Eksternal adalah Faktor yang berasal dari luar diri siswa yang mempengaruhi hasil belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Keadaan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Keluarga yang morat-marit keaadan ekonominya, pertengakaran suami istri, perhatian orang tua yang kurang kepada anaknya, serta kebiasaan sehari-hari berperilaku yang kurang baik dari orangtua dalam kehidupan sehari-hari berpengaruh dalam hasil belajar siswa. Dengan adanya faktor-faktor tersebut dapat mendukung kegiatan pembelajaran tematik berjalan dengan lancar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Kata Kunci : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Download berkas