SKRIPSI

Penulis / NIM
ASRUL ABDJUL / 151415089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK Asrul, Abdjul. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 105 Kota Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin, S. Sos., MA., Ph.D-ABD dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kondisi objektif pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas IV SDN 105 Kota Utara sebelum menggunakan media ular tangga IPS; (2) pengembangan ular tangga IPS sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 105 Kota Utara pada pembelajaran IPS; (3) peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 105 Kota Utara pada pembelajaran IPS menggunakan media pembelajaran ular tangga IPS. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi dari Reiser dan Mollenda, yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 105 Kota Utara yang berjumlah 31 orang. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pada pengembangan media pembelajaran ular tangga IPS materi sumber daya alam dan manfaatnya, maka dapat diketahui hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 4,85 yang berada pada rentang X > 4,20 dengan kategori Sangat Layak, dari ahli materi memperoleh skor 3,79 yang berada pada rentang 3,40 < X ƒƒ‚‚ƒ‚ 4,20 dengan kategori Layak, dan untuk ahli konten media dan kesesuaian bahasa memperoleh skor 3,72 yang berada pada rentang 3,40 < X ƒƒ‚‚ƒ‚ 4,20 dengan kategori Layak. Untuk hasil motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media sebesar 70,34% dan setelah menggunakan media meningkat menjadi 80,96%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ular Tangga IPS yang dikembangkan layak digunakan dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Ular Tangga IPS, Sumber Daya Alam, Motivasi Belajar Siswa. ABSTRACT Asrul, Abdjul. 2020. The Development of Snake and Ladder Learning Media in Increasing Students' Learning Motivation in Social Science (PS) Learning in Class IV SON 105 Kota Utara. Skripsi. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of GorontaLo. The Principal Supervisor is Basri Amin, S.Sos., MA., Ph.D-ABD, and the Co-supervisor is Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. This study aims to know: (I) the objective conditions of the implementation of Social Science learning in class IV SDN 105 Kota Utara before using the snake and ladder media, (2) the Social Science snake and ladder development as a learning media to increase learning motivation of students in class IV SDN 105 Kota Utara in Social Science learning, (3) the improvement of students' motivation in class IV SDN 105 Kota Utara on Social Science learning by using snake and ladder learning media. This is an R&D (Research and Development) research by using the ADDlE model modified from Reiser and Mollenda, namely the analysis, des:gn, devclopmer, implementation, and evaluation stages. The subject of this study is 31 students in class IV SDN 105 Kota Utara. The data collection technique applies interview, observation, questionnaire, and documentation. Based on the results of data analysis on the development of snake and ladder learning media in Social Science learning on material of natural resource and its benefits, the results of the validation of the media experts obtain a score of 4.85 which is included in the range of X > 4,20 with extremely eligible category, material experts obtain a score of 3.79 which is included in the range of 3,40 < X ƒƒ‚‚ƒ‚ 4,20 3,40 with eligible category, and media content and language suitability experts obtain a score of 3.72 which is included in the range of 3,40 < X ƒƒ‚‚ƒ‚ 4,20 with eligible category. The student motivation before using the media is 70.34%, and after using the media is increased to be 80.96%. Based on the results of data analysis, it can he concluded that the developed Snake and Ladder learning media in Social Science learning is appropriate to be used and is able to increase student motivation. Keywords: Snake and Ladder in Social Science, Natural Resource, Students' Learning Motivation
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011