Penulis / NIM
KARMILA PULUHULAWA / 151415090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
ABSTRAK
Karmila Puluhulawa.2019. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 25 Limboto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed.
Masalah dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana kondisi objektif media pembelajaran Pop-Up Bookmateri Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di lingkungannya kelas IV di SDN 25 Limboto. 2) Bagaimana Pengembangan MediaPembelajaran Pop-Up Bookmateri keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya kelas IV di SDN 25 Limboto. 3)Apakah MediaPembelajaran Pop-Up Book layakuntuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya kelas IVdi SDN 25 Limboto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan menurut Brog and Gall dengan pembatasan sampai pada tahap validasi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 25 Limboto dengan jumlah 15 siswa. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan sesuai hasil presentase perolehan skor dari validasi ahli media memberi skor 93, ahli materi memberi skor 82. Dan praktisi memberi skor 91. Sehingga presentase skor yang diperoleh dari ketiga validator sebesar 88,3 kriteria sangat baik dan juga memiliki kualitas sangat baik serta dibuatkan buku panduannya.
Kata kunci : pengembangan, Pop-Up Book, Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam Dilingkungannya
Download berkas