Penulis / NIM
WULANDARI INDAH LESTARI / 151415093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Lestari, Wulandari Indah. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN 32 Kota Selatan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D menggunakan model Sugiyono dibatasi sampai tahap kelima. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kondisi objektif instrumen penilaian psikomotor dalam pembelajaran IPA yang terdapat dalam buku guru di kelas IV SDN 32 Kota Selatan, (2) mengembangkan instrumen penilaian psikomotor dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 32 Kota Selatan dan (3) mengetahui kelayakan instrumen penilaian psikomotor yang telah dikembangkan di kelas IV SDN 32 Kota Selatan. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian psikomotor pada pembelajran IPA kelas IV SDN 32 Kota Selatan. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitan ini menghasilkan produk berupa instrumen penilaian psikomotor yang terdiri atas sampul, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan, pembatas, lembar kerja peserta didik, lembar penilaian psikomotor, dan rubrik penilaian. Produk ini divalidasi oleh dua orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata " rata 78,57 dan ahli media memperoleh skor rata-rata 96,47. Rekapitulasi total skor dari dua validator memperoleh skor rata- rata 87,52. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian psikomotor pada pembelajaran IPA yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Instrumen Penilaian Psikomotor, Pembelajaran IPA, Kelas IV, Sekolah Dasar
Download berkas