SKRIPSI

Penulis / NIM
DEPRITA DJALIL / 151415125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Deprita Djalil 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Picture Puzzle pada Siswa Kelas II SDN 54 Dumbo Raya, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Dajani, M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah menggunakan Media Picture Puzzle dapat meningkatkan Kemampuan membaca siswa Kelas II di SDN 2 Telaga?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan membaca dengan menerapkan Media Picture Puzzle. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, Tes Praktik, dokumentasi. Sampel penelitian ini siswa Kelas II berjumlah 24 orang. Berdasarkan obervasi awal hanya 4 orang siswa yang terampil dalam membaca atau 16,7 % darijumlah 24 siswa keseluruhan. Pada siklus 1 Kemampuan membaca dengan menggunakan Media Picture Puzzle meningkat menjadi 46 % atau 12 orang siswa yang terampil membaca. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 92% atau 20 orang siswa yang terampil membaca. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan membaca menggunakan Media Picture Puzzle meningkat. Kata kunci: Kemampuan Membaca, Media Picture Puzzle Deprita Djalil 2020. Improving Reading Ability through Picture Puzzles in Class II Students of SDN 54 Dumbo Raya, Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dr. Rusmin Husain, M.Pd, and Supervisor II Dra. Dajani, M.Hum. The formulation of the problem in the research is whether using the Media Picture Puzzle can improve the reading ability of Class II students at SDN 2 Telaga? The purpose of this study was to improve reading skills by applying the Media Picture Puzzle. The media used in this research is Classroom Action Research (PTK). This study uses data collection techniques through observation, practice tests, documentation. The sample of this research is Class II students totaling 24 people. Based on the initial observations only 4 students were skilled in reading or 16.7% of the total 24 students. In cycle 1, the ability to read using the Media Picture Puzzle increases to 46% or 12 students who are skilled at reading. Furthermore, in the second cycle it increased to 92% or 20 students who were skilled at reading. Based on the results of the classroom action research, it can be concluded that the ability to read using Picture Puzzle Media increases. Keywords: Reading Skills, Media Picture Puzzle
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011