Penulis / NIM
DEVI ARIANI BADU / 151415131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Abstrak
Devi Ariani Badu. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Pada Mata Pelajaran IPA Tema 8 (Daerah tempat tinggalku) sub tema 1 di kelas IV SDN NO 49 Dumbo Raya, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si dan pembimbing II Meylan Saleh, S,Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV SD NO. 49 Dumbo Raya?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada Pelajaran IPA Di Kelas IV SD NO.49 Dumbo Raya. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 20 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pada Siklus I yang dilakukan, siswa yang memiliki Hasil belajar yang menunjukkan mampu 12 orang atau 60%, tetapi hal ini belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu minimal 80%. Maka dari itu penelitian dilanjutkan pada siklus selanjutnya atau siklus II. Pada siklus II ini meningkat menjadi 18 orang atau 90% tetapi hal ini sudah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu minimal 80% dan telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Hal ini menandakan bahwa hasil belajar dapat meningkat menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA).
Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Means Ends Analysis (MEA)
Download berkas