Penulis / NIM
ANANDA FADILLA GAIB / 151415137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Ananda Fadilla Gaib. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Metode Debat Di Kelas V SDN 54 Dumbo Raya Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembibimbing I Dr. Rusmin Husain, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah menggunakan metode debat dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas V SDN 54 Dumbo raya kota gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan menerapkan Metode debat. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, Tes, Praktik, dokumentasi. Sampel penelitian ini siswa kelas V berjumlah 24 orang.
Berdasarkan pada observasi awal kemampuan berbicara pada siswa kelas V dengan nilai presentase 17% sedangkan pada siklus I pertemuan I Nilai presentasenya 25% pada siklus I pertemuan II nilai presentase sebesar 46% pada siklus II pertemuan I nilai presentase sebesar 79% serta pada siklus II pertemuan II nilai presentase kemampuan berbicara pada siswa kelas V sebesar 92% kategori sangat baik sehingganya pada pertemuan ini mengalami peningkatan dalam terampil berbicara dan sudah mencapai indikator pencapaian dalam terampil berbicara, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara menggunakan metode debat meningkat.
Download berkas