SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI LINDA S. KAI / 151415159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Sri Linda S. Kai 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Sifat-sifat Bunyi Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof Dr. H. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme hasil belajar siswa tentang sifat-sifat bunyi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat meningkat?. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sifat-sifat bunyi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 11 orang dengan presentase 39%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjutan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 24 orang dengan presentase 86%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang sifat-sifat bunyi di kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata kunci: Hasil Belajar, Sifat Bunyi, Pendekatan Konstruktivisme Sri Linda S. Kai 2019. Improving Student Learning Outcomes in Science Learning About Sound Traits Through Constructivism Approach in Class IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Supervisor I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd, and supervisor II Irvin Novita Arifin S.Pd M.Pd. The formulation of the problem in this study is whether by using the constructivism approach of student learning outcomes about the properties of sound in science learning in grade IV SDN 83 Kota Tengah Gorontalo City can be improved ?. The purpose of the research is to improve student learning outcomes about the properties of sound in science learning in class IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo by using a constructivism approach. This type of research is a classroom action research (CAR) with research subjects that are class IV students, amounting to 28 people. This research was conducted in cycles and each cycle consisted of 4 stages, namely the planning, implementing actions, monitoring evaluation, reflection and analysis stages. Based on the results of research in the first cycle showed that students who scored above the KKM amounted to 11 people with a percentage of 39%. This has not yet reached the expected performance indicators, so further action is taken to cycle II. In the second cycle showed an increase, students who scored above the KKM totaled 24 people with a percentage of 86%. The results of the second cycle have reached the specified performance indicators, so it can be concluded that using the constructivism approach can improve student learning outcomes in science learning about sound properties in grade IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Keywords: Learning Outcomes, Sound Properties, Constructivism Approach
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011