Penulis / NIM
FERA SISKA DJAKATARA / 151415162
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Abstrak
Fera Siska Djakatara. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Kartun Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun M. Pd, Pembimbing II Sumarni Mohamad, S. Pd, M. Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian adalah Apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Kartun terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV SDN 4 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Kartun terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV SDN 4 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group pretest- posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 14 orang.
Hasil Perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 35, 35 dan nilai rata-rata posttest sebesar 75, 71. Hasil penelitian ini diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 11, 701 > 2, 30 pada taraf 0, 05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan terdapat Pengaruh Penggunaan Media Kartun terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata kunci: Menulis Narasi, Media Kartun.
Abstract
Fera Siska Djakatara. 2019. The Influence of the Use of Cartoon Media on Narrative Essay Writing Skills in Grade IV Students of SDN 4 Kabila, Kabila District, Bone Bolango Regency. Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Ratnarti Pahrun M. Pd, Advisor II Sumarni Mohamad, S. Pd, M. Pd.
The formulation of the problem in the study is whether there is an influence of the use of cartoon media on the skills of writing narrative essays in Grade IV students of SDN 4 Kabila, Kabila, Bone Bolango. The purpose of this study was to determine the effect of the use of cartoon media on narrative essay writing skills in fourth grade students at SDN 4 Kabila, Kabila, Bone Bolango. The model used in this study is a quantitative approach to the experimental method with the design of one group pretest-posttest design. This study uses data collection techniques through learning outcomes tests and documentation. The sample of this research was class IV students of 14 people.
Results The acquisition of an average pretest value of 35, 35 and an average value of posttest of 75, 71. The results of this study are strengthened by the results of the t test which states that tcount> ttable, ie 11, 701> 2, 30 at the level of 0, 05 In this case, it can be concluded that the results of the study show that there is an influence of the use of media cartoons on the writing skills of narrative essays on student learning outcomes in learning Indonesian.
Keywords: Narrative Writing, Cartoon Media.
Download berkas