Penulis / NIM
FITRI IBRAHIM / 151415167
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Fitri Ibrahim.Pengaruh MetodeTalking Stick Terhadap Hasil Belajar Membaca Puisi Bebas Siswa Kelas V SDN 4 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango,Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah ..."Apakahterdapat pengaruh metodeTalking Stick Terhadap Hasil Belajar Membaca Puisi bebas Siswa kelas V SDN 4 Kabila Kabupaten Bone Bolango?.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode talking stick terhadap hasil belajar membaca puisi dikelas V SDN 4 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 16 orang.
Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 35,12 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73,18. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel, yaitu30,79>2,131 pada taraf 0,05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh metodeTalking Stick Terhadap Hasil Belajar Membaca Puisi bebas terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata kunci: Metode Talking Stick, Membaca Puisi Bebas
ABSTRACT
Fitri Ibrahim. The Effect of Sticking Method on Learning Outcomes of Reading Poetry Free Class V SDN 4 Kabila District Kabila Bone Bolango District, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Supervisor I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Advisor II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
The formulation of the problem in the study was "What is the influence of the Talking Stick method on the Learning Outcomes of Reading Poetry free of Grade V SDN 4 Kabila Bone Bolango District?". Bone Bolango. The method used in this study is a quantitative approach to the experimental method with the design of one group pre-test post-test design. This study uses data collection techniques through learning outcomes tests and documentation. The sample of this research was 16 students in grade V.
The results of the acquisition of the average pretest value of 35.12 and the average posttest value of 73.18. The results of the study were strengthened by the results of the t test which stated that tcount> ttable, namely 30.79> 2.131 at the 0.05 level. In this case it can be concluded that the results of this study indicate that there is an influence of the Talking Stick method on Learning Outcomes Reading Poetry free of student learning outcomes in Indonesian language learning.
Keywords: Talking Stick Method, Free Poetry Reading
Download berkas