Penulis / NIM
YULINAR AMBARWATI MOITO / 151415174
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Yulinar Ambarwati Moito. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SDN 3 Tolinggula. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd. Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd.,M.Si.
Rumusan masalah penelitian adalah ..."Apakah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita, Subtema 3: Usaha Pelestarian Lingkungan, di kelas V SDN 3 Tolinggula? Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen di kelas V SDN 3 Tolinggula pada materi pelajaran IPA Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita. Model penelitian menggunakan pendekatan tindakan kelas metode eksperimen, teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 9 orang siswa kelas V.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Tolinggula. Pada Siklus I, hanya terdapat 4 siswa (44,44%) yang memiliki hasil belajar tinggi, hal ini belum memenuhi indikator kinerja, minimal 80% hasil belajar siswa tinggi. Penelitian dilanjutkan pada siklus II. Hasil siklus II terjadi peningkatan hasil belajar menjadi 8 orang atau 88,78 % dan mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita, Subtema 3: Usaha Pelestarian Lingkungan, di kelas V SDN 3 Tolinggula.
Kata kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar IPA
Download berkas