Penulis / NIM
FITRI RAHMAN / 151415202
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Rahman, Fitri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed.
Permasalahan dalam penelitian yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 03 Limboto Barat. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 03 Limboto Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design dengan desain penelitian ialah One Grup Pretest-Posttest Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 03 Limboto Barat dengan jumlah siswa 16 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling nonprobability sampling yaitu sampling jenuh karena jumlah sampel diambil dari keseluruhan dari jumlah populasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh peneliti yaitu thitung = 39,758 dan ttabel = 1,746 karena thitung = 39,758 > ttabel = 1,746 dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi dalam penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 03 Limboto Barat.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Creative Problem Solving, Pembelajaran IPA
Download berkas