Penulis / NIM
IIN INDRIYANI DALI / 151415209
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
IIN INDRIYANI DALI, 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerpen Melalui Model Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dra. Evi Hasim, M.Pd sebagai pembimbing I dan Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model cooperative integrated reading and composition kemampuan membaca cerpen pada siswa kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca cerpen melalui model cooperative intergrated reading and composition (cicr) pada siswa kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah siswa yang duduk di kelas V di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata sebelum diterapkan model Cooperative Intergrated Reading And Composition yaitu 24% dan nilai rata-rata sesudah diterapkan model Cooperative Intergrated Reading And Composition pada siklus I pertemuan 1 yaitu 29%. Kemudian masuk pada siklus I pertemuan 2 47% dan masuk pada siklus II pertemuan 1 yaitu 71% selanjutnya masuk pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebanyak 88%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca cerpen melalui model cooperative intergrated reading and composition pada siswa kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo Meningkat.
Kata Kunci : Cerpen, Model Cooperative Intergrated Reading And Composition (CIRC)
Download berkas