Penulis / NIM
RIZALDI HARUN / 151415210
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Rizaldi Harun 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model SQ3R (Survey Question Read Recite Review) Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd Dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model SQ3R (Survey Question Read Recite Reviewi) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 3 Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model SQ3R (Survey Question Read Recite Review) pada siswa kelas IV SDN 3 Bulango selatan, Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Pada observasi awal yang mampu membaca pemahaman berjumlah 4 siswa 20%. Setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan pertama dari 20 siswa meningkat menjadi 6 siswa atau 30% dan yang tidak mampu ada 14 atau 70%. Dan pelaksanaan siklus I pertemuan kedua dari 20 siswa meningkat menjadi 10 siswa atau 50% sedangkan yang tidak mampu ada 10 siswa atau 50%. Kemudian pada pelaksanaan siklus II pertemuan pertama dari 20 siswa meningkat menjadi 15 siswa atau 75% dan yang tidak mampu ada 5 siswa atau 25%. Dan pelaksanaan siklus II pertemuan kedua dari 20 siswa meningkat menjadi 17 siswa atau 85% dan yang tidak mampu ada 3 siswa atau 15%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui model SQ3R (Survey Question Read Recite Review) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 3 Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Model SQ3R
Download berkas