Penulis / NIM
NOVRIYANTI ISMAIL / 151415211
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Novriyanti Ismail, 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Concept Sentences Pada Siswa Di Kelas II SDN 2 Telaga Kabupten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Concept Sentences dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa di kelas II SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Adapun tujuan untuk meningakatkan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui metode Concept Sentences. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelititian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitui analisis deskriptif kuantitatif dan deksriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum diterapkan metode Concept Sentences yatitu 20,83% dan nilai rata-rata sesudah diterapkan metode Concept Sentences pada siklus 1 pertemuan I menjadi 33% dan pada pertemuan II menjadi 50%. Kemudian nilai rata-rata pada siklus 2 pertemuan I terjadi peningkatan menjadi 62,5% dan pada siklus 2 pertemuan II menjadi 79,17%. Dengan demikian dapat disimpulkam terdapat peningkatan setelah diterapkan model Concept Senteces pada kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa.
Kata Kunci : Karangan Deskripsi, Model Concept Sentences
Download berkas