SKRIPSI

Penulis / NIM
DAHLIA TAJEB / 151415212
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK Dahlia, Tajeb. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 105 Kota Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin, S.Sos., MA., Ph.D-ABD dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan media pop up book pada pembelajaran IPS kelas V SDN 105 Kota Utara, (2) mengetahui kelayakan media pop up book pada pembelajaran IPS kelas V SDN 105 Kota Utara, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 105 Kota Utara sesudah penggunaan media pop up book pada pembelajaran IPS. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan alur penelitian Sugiyono dengan pembatasan sampai pada tahap ujicoba produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 105 Kota Utara yang berjumlah 25 orang. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pada pengembangan media pembelajaran pop up book materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia, maka dapat diketahui hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 97,06, dari ahli materi memperoleh skor 98, dan untuk ahli konten media dan kesesuaian bahasa memperoleh skor 73,21. Hasil rekapitulasi skor validasi dari tiga validator memperoleh skor keseluruhan 89,42 dengan kriteria sangat layak. Untuk hasil belajar siswa sebelum menggunakan media memperoleh nilai rata-rata sebesar 65,85 dengan presentase ketuntasan belajar 35% dan setelah menggunakan media memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,4 dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 80%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book layak digunakan pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pop Up Book, Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia, Hasil Belajar Siswa. ABSTRACT Dahlia, Tajeb. 2020.The Development of Pop Up Book Learning Media to improve Students' Learning Achievement in Social Science Learning at Class of V, SDN 105 Kota Utara. Skripsi. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Basri Amin, S. Sos, MA., Ph.D-ABD, and the co-supervisor is Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. The research was to investigate (1) the pop up book learning media development in Social Science Learning at Class of V. SDN 105 Kota Utara; (2) the properness of pop up book learning media design in Social Science Learning at Class of V, SDN 105 Kota Utara; and (3) the improvement of students' learning achievement in Social Science Learning at Class of V, SDN 105 Kota Utara by using popup book learning media. This research includes in Research and Development type occupying the research stages by Sugiyono, which is only limited to the stage of product trial. The research subjects were 25 students. The data were col!ected through observation, test. questionnaire, and documentation. Based on the data analysis of the development of pop up book learning media in types of enterprises and economic activities of Indonesian people topic, the score of validation result was 97,06 from media expert, 98 from learning media expert, and 73,21 from media content and language appropriateness expert. The recapitulation result of validation score from the three validators was 89,42 in a very proper category. The average score of students' learning achievement before applying the media was 65,85 with a completeness ratio of 35%. However, after the application of the media, the average score of students' learning achievement improved to 80,4 by having the completeness ratio of 80%. Based on the data analysis, it can be concluded that pop up book learning media is proper to be used in types of enterprises and economic activities of Indonesian people topic, and it can improve the students' learning achievement. Keywords: Pop Up Book, Economic Activities of Indonesian People, Students' Learning Achievement
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011