Penulis / NIM
ULFA HAIRIN RAUF / 151415230
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Ulfa Hairin Rauf. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Talking Stick kemampuan berbicara siswa kelas III di SDN 3 Telaga, Kabupaten Gorontalo dapat meningkat ?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui model Talking Stick pada siswa kelas III di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah siswa yang duduk di kelas III di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil Penelitian pada observasi awal dari 28 jumlah siswa, 6 siswa dengan persentase 21% yang mampu berbicara. Pada siklus I pertemuan pertama menjadi 7 siswa mampu berbicara dengan persentase 25%, dan siklus I petemuan kedua menjadi 12 siswa mampu berbicara dengan persentase 43%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama 19 siswa mampu berbicara dengan persentase 68%, dan siklus II pertemuan kedua 24 siswa mampu berbicara dengan persentase 86% dengan demikian dapat disimpulkan terdapat peningkatan setelah diterapkan model Talking Stick pada kemampuan berbicara siswa.
Kata Kunci : Berbicara, Model Talking Stick
Download berkas