SKRIPSI

Hii
Tanggal: 25.09.2020
Penulis / NIM
KARMILA MURSID / 151416002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Karmila Mursid. 151416002, 2020. "Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo" ƒƒ‚‚ƒƒ‚. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Muhammad Sarlin S.Pd, M.Pd Pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Apakah ada hubungan antara minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo.? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara melakukan penyebaran angket kepada siswa, sehingga data dalam penelitian ini yakni data primer. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa memiliki hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri No 19 Dungingi Kota Gorontalo nilai korelasi sebesar 76,20%, Sedangkan sisanya sebesar 23,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil koefisien positif menunjukan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin optimal pula prestasi yang diperoleh oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS di kelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Minat Belajar ABSTRACT Karmila Mursid. 151416002, 2020. " The Corelation between Learning Interest and Students' Learning Achievement at Social Science Subject at Grade V Of SDN 19 Dungingi Gorontalo City". Skripsi, Bachelors degree program in elementary Teacher Education, faculty of Education. The Principal Supervisor is Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, and the Co-supervisor is Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. The research problem is : Is there any Correlation between Learning Interest and Students' Learning Achievement at Social Science Subject at Grade V Of SDN 19 Dungingi, Gorontalo City?. The research data are obtained through the distribution of a questionnaire to students. Thus, data of this research are primary data. Moreover, the technique of data analysis applies a simple linear regression, and the research method uses a quantitative method with a correlational research design. The research finding reveals that students' learning interest has a positive and significant correlation with students' learning achievement at social science subjects at Grade V of SDN 19 Dungingi, Gorontalo City, with the Correlation value of 76,20%. In contrast, the rest for 23,80% is influenced by other variables that are not being examined in this research. Correspondingly, the result of the positive coefficient indicates that the higher the students' interest in learning, the more optimal the achievements obtained by students in social science learning activities at Grade V of SDN 19 Dungingi, Gorontalo City. Keywords: Learning Achievement, Learning Interest
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011