SKRIPSI

Penulis / NIM
BEBY FEBRIANTI / 151416009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
ABSTRAK Beby, Febrianti. 2020. Pengaruh Penggunaan Media puzzle melalui model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Alat Pernapasan Manusia di Kelas V Khandaq MIT Al-Ishlah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran media puzzle melalui model Teams Games Tournament (TGT) di kelas V Khandaq MIT Al-Ishlah? (2) Apakah ada pengaruh penggunaan media puzzle melalui model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas V Khandaq SDN MIT Al-Ishlah? Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pelakasanaan pembelajaran media puzzle melalui Teams Games Tournament (TGT) di kelas V Khandaq MIT Al-Ishlah. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle melalui model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas V Khandaq MIT Al-Ishlah. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian Eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes (pretest dan posttest), sedangkan dokumentasi adalah penunjang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V Khandaq sebanyak 24 siswa. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest 28.6 dan hasil perolehan nilai rata-rata posttest 60.88. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t menggunakan taraf signifikansi 0.05 (95% berpengaruh, 5% tidak berpengaruh) yang menyebut bahwa thitung > ttabel yaitu 10.353 > 2.021 sehingga H0 ditolak Ha diterima. Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle melalui model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa materi alat pernapasan di kelas V Khandaq MIT Al-Ishlah. Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, IPA ABSTRACT Beby, Febrianti. 2020. The effect of using puzzless as media through the teams games tournament (TGT) model on student learning outcomes in human respiratory at grade V Khandaq MIT Al-Ishlah. Skripsi. Elementary teacher education study program faculty of education. State University of Gorontalo the principal supervisor is Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd, and Co-supervisor is Dr. Isnanto. S.Pd., M.Ed. The problem formulation in this study are (1) How is the implementation of puzzles as learning media through the Teams Games Tournament (TGT) model at grade V Khandaq MT Al-Ishlah ? (2) Is there an effect of using puzzles as media through the Teams Games Tournament (TGT) model at grade V Khandaq MT Al-Ishlah students ? This sudy aims to (1) know the implementation of puzzles as learning media through the Teams Games Tournament (TGT) model at grade V Khandaq MT Al-Ishlah. (2) to know the effect of using puzzles as media through the Teams Games Tournament (TGT) model on the learning outcomes of class V Khandaq MT Al-Ishlah students. This research classified as experimental research with a one-group pretest-posttest design. The data collection techniques used in the study are tests (pretest and posttest), while documentation is support. The research sample was 24 students of grade V Khandaq. The result of the average pretest score average is 28.6 and the result of the posttest score average is 60.88. The results of this sudy are reinforced by the results of the t-test using a significance level of 0.05% (95% influential, 5 percent uninfluential) which states that tcount> t table that is 10,353> 2,021 so that H0 is rejected Ha is accepted. It is concluded that the results of this study indicate that there is an effect the use of puzzles as media through the Teams Games Tournament (TGT) model on student learning outcomes in respiratory in grade V Khandaq MT Al-Ishlah. Keywords: Teams Games Tournament Model, IPA
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011