SKRIPSI

Penulis / NIM
MEY VANNY MO'O / 151416014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Abstrak Moƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚o, Mey Vanny. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle melalui Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia Di Kelas V Badar MIT Al-Ishlah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi (1) ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒ..."Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran media Puzzle melalui model Teams Games Tournament (TGT) di kelas V Badar MIT Al-Ishlah? (2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media Puzzle melalui Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa di kelas V Badar MIT Al-Ishlah?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚‚ƒƒ‚. Tujuan penelitian, (1) ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒƒ‚ƒ..."Mengetahui pelaksanaan pembelajaran media Puzzle melalui Model Teams Games Tournament di kelas V Badar MIT Al-Ishlah, (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media Puzzle melalui Model Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa Materi Alat Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas V Badar MIT Al-Ishlah. Model penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi adalah sebagai penunjang dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V Badar dengan jumlah 22 siswa. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 49,95 dan nilai rata-rata posttest sebesar 71,06. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t menggunakan taraf signifikan 0,05 (95% berpengaruh, 5% tidak berpengaruh) yang menyebutkan bahwa thitung> ttabel yaitu 6,224> 2,021. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Melalui Model Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia Di Kelas V Badar MIT Al-Ishlah. Kata Kunci : Puzzle, Teams Games Tournament, IPA, Hasil Belajar. Abstarct The Influence of the Use Puzzle as Learning Media through Teams Games Tournament (TGT) toward Studentƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚‚s Learning Outcome in Human Digestive Organs at Class of V Badar, MIT Al-Ishlah. Skripsi. Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Eucation, State Universitas of Gorontalo. The principal supervisor is Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd, and the co-supervisor is Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. The problem statement of this research are (1) ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..."how is the implementation of Puzzle as learning medium through Teams Games Tournament (TGT) at Class of V Badar, MIT Al-Ishlah?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ (2) is there any influence of the use of Puzzle as learning medium through Teams Games Tournament (TGT) toward studentsƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚‚ learning achievement at Class of V Badar, MIT Al-Ishlah?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚. It aims at investigating the implementation of Puzzle as learning medium through Teams Games Tournament (TGT) at Class of V Badar, MIT Al-Ishlah and investigating the influence of the use of Puzzle as Learning medium through Teams Games Tournament (TGT) toward studentsƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚‚ learning achievement at Class of V Badar, MIT Al-Ishlah. It applies experimental method a quantitative approach and one group pretest-posttest design. The technique of data collection is observation and test (Pretest and Posttest). The documentation is used as a supporting technique. The research samples are 22 students at Class of V Badar. The average score of pretest is 49,95, and the average score of posttest is 71,06. The findings are supported by the t test result using a significance level of 0,05 (95% influences and 5% does not influence). It obtains tcount , which is higher than ttabel or 6,224 > 2,021. Hence, H0 is rejected, and Ha is accepted. It can be concluded that there is an influence of the use of Puzzle as a learning media through Teams Games Tournament (TGT) toward studentsƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚‚ learning achievement at Class of V Badar, MIT Al-Ishlah. Keywords: Puzzle, Teams Games Tournament, Natural Science Subject, Learning Achievement
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011