SKRIPSI

Penulis / NIM
DEDEN LADJO / 151416016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Ladjo , Deden . 2019. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran SQ4R pada muatan pelajaran IPA tema 4 di kelas V SDN No.61 Kota Timu Kota Gorontalo Skripsi, JurusanPendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M. Si dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "Apakah model SQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA Tema 4 di Kelas V SDN 61 Kota Timur?ƒ‚. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran SQ4R pada muatan pelajaran IPA tema 4 di kelas V SDN No.61 Kota Timur Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Penelitian ini merupakan salah satu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 bulan di SDN No 61 Kota Timur Gorontalo. Siswa yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) dalam penerapan model SQ4R terdapat peningkatan aktivitas guru dan juga siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai prosentase 41% (sangat baik), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai prosentase 91% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai presentase 29% (sangat baik), sedangkan pada siklus II mencapai prosentase 96% (sangat baik); 2) terdapat peningkatan pemahaman siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 70 Pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90 dengan presentase hasil belajar sebesar 56% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93%, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja. Kata Kunci :Meningkatkan, SQ4R, Hasil Belajar, IPA ABSTRACT Ladjo, Deden. 2019. Improving student learning outcomes through the SQ4R learning model in science subject content theme 4 in class V SDN No.61 Kota Timu Kota Gorontalo Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M. Si and Second Advisor Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. The formulation of the problem in this study is "Can the SQ4R model improve student learning outcomes in Science theme 4 content in Class V SDN 61 East City? 4 in class V SDN No.61 Kota Timur Kota Gorontalo This research is a classroom action research This research is one of the classroom action research (CAR) which was conducted for 3 months at SDN No. 61 Kota Timur Gorontalo. Students who are subject to action in this study The results of this study can be explained as follows: 1) In the application of the SQ4R model there is an increase in teacher and student activity in each cycle, this can be proven for teacher activity in cycle I reaching a percentage of 41% (very good), while in cycle II Teacher activity reached a percentage of 91% (very good). Student activities in the first cycle reached a percentage of 29% (san poorly good), while in the second cycle it reached the percentage of 96% (very good); 2) there is an increase in student understanding in each cycle. Evidenced by the average value of students in cycle I of 70. In cycle I, there was an increase in cycle II of 90 with a percentage of learning outcomes of 56%, an increase in cycle II was 93%, so that in cycle II it was declared successful because it had reached performance indicators. Keywords: Improve, SQ4R, Learning Outcomes, Science
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011