SKRIPSI

Penulis / NIM
TIYANSYI HUSAIN / 151416019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Husain, Tiyansyi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 3 Kelas IV Di SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, JurusanPendidikan Guru SekolahDasar, FakultasIlmuPendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd danPembimbing II MeylanSaleh, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ..."Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPATema 3 Kelas IV di SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo?ƒƒ‚‚ƒ‚. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPATema 3 Kelas IV di SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Designdengan rancangan On-Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Course Review Horay (CRH)dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo, sampel yaitu 25 siswa kelas IV, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian dan pembahasan kelas perlakuan diperoleh nilai rata-rata pretestsebesar 63.2 sedangkan posttest sebesar 68.8 yang sama-sama menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Jika dibandingkan nilai rata-rata pretest dan posttest maka nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,280 >ttabel = 1,171. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH)terhadaphasilbelajarsiswapadamuatan pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Pengaruh, Course Review Horay, Hasil Belajar, IPA Husain, Tiyansyi. 2019. The Influence of the Course Review Horay (CRH) Learning Model on Student Learning Outcomes in Science Subject Content in Theme 3 Class IV at SDN 1 Tilango, Gorontalo District. Thesis, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd and Second Advisor Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. The formulation of the problem in this study is "Is there an effect of the Course Review Horay (CRH) learning model on student learning outcomes in Science subject content in Theme 3 Class IV at SDN 1 Tilango Gorontalo Regency?". This study aims to determine the effect of the learning model on the effect of the Course Review Horay (CRH) learning model on student learning outcomes in science subject content in Theme 3 Class IV at SDN 1 Tilango Gorontalo District. This research is a quantitative research and the type of this research is the Pre-Experimental Design with the On-Group Pretest-Posttest Design. The independent variable is the Course Review Horay (CRH) learning model and the dependent variable is learning outcomes. The population in this study were all students of SDN 1 Tilango Gorontalo Regency, the sample was 25 grade IV students. The sampling technique used purposive sampling. The results of the research and discussion of the treatment class obtained an average pretest score of 63.2 while the posttest was 68.8, which both used the Course Review Horay (CRH) learning model. When compared to the pretest and posttest mean scores, the posttest mean scores were higher than the pretest mean scores. The results of hypothesis testing obtained tcount> ttable, namely 3,280> ttable = 1.171. Thus it can be concluded that there is an effect of the Course Review Horay (CRH) learning model on student learning outcomes in the fourth grade science lesson content of SDN 1 Tilango Gorontalo District. Keywords: Influence, Course Review Horay, Learning Outcomes, Science
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011