Penulis / NIM
YASMIN HAPULU / 151416020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Permasalahan penelitian ini meliputi (1) Bagaimanakah kondisi objektif panduan praktikum IPA di kelas V MI AlMourky Telaga? (2) Bagaimanakah pengembangan panduan praktikum IPA model Project Based Learning di Kelas V MI AlMourky Telaga yang akan dikembangkan? (3) Bagaimanakah Validitas panduan praktikum IPA model Project Based Learning di kelas V MI Almourky Telaga yang telah dikembangkan? Penelitian ini tergolong jenis penelitian R&D (Research and Development), yang diadaptasi dari Sugiyono terdiri dari 10 tahapan, namun pada tahap ini peneliti batasi sampai pada tahap perbaikan desain, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA MI Al-Mourky Telaga yang berjumlah 24 orang. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. dari hasil uji validator Panduan Praktikum IPA memperoleh hasil rekapitulasi skor 93,12. yang terdiri dari hasil validator ahli media memperoleh skor 93,10, untuk ahli materi memperoleh skor 89,74 dan untuk praktisi memperoleh 96,52. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum IPA model Project Based Learning yang dikembangkan sangat layak dan dapat dilanjutkan kepada tahap selanjutnya.
Kata Kunci: Panduan Praktikum IPA, Project Based Learning
Abstract
The research aims at investigating (1) the objective condition of the natural science practicum manual guideline at class of V, MI Almourky Telaga, (2) the project based learning model natural science practicum guideline at class of V, MI Almourky Telaga, and (3) the validity of the developed project based learning model natural science praticum guideline at class of V, MI almourky Telaga. It is Research and Development (R&D) adapted from Sugiyono, which consists of 10 stages. Hpwever, this research and development is only till the 5th stage, which is product revision. The subjects are 24 students of class of VA , MI Almourky Telaga. The data of research are collected thourgh interview, observation, questionnaire, and documentation. The recapitulation of the validatorƒƒ‚‚?ƒƒ‚‚ƒ‚‚s test result is 93,12. It obtains s score of 93,10 from learning media expert, 89,74. From learning material expert, and 96,52 from the partitioner. Based of findinggs, it can be concluded that the developed project based learning model natural science praticum guideline in human bloodstream system. Te,perature ang heat, ang heat transfer topic is very proper to be used and can be cantinued to the next stage.
keywords: Natural Science Practicum Guideline Project Based Learning
Download berkas