SKRIPSI

Penulis / NIM
SILVIANINGSIH ABDULRAHMAN / 151416021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
ABSTRAK Abdulrahman, Silvianingsih. 2020 Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Permainan Tradisional Tengge-Tengge di Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo . Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) Rancangan pengembangan dilakukan berdasarkan model pengembangan perangkat 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development) dan penyebarluasan (Disseminate) . Rumusan masalah penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana kondisi real pelaksanaan model pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, 2) Bagaimana model konseptual pembelajaran IPA berbasis permainan tradisional tengge-tengge di Sekolah Dasar yang dikembangkan, dan 3) Bagaimana kevalidan model konseptual pembelajaran IPA berbasis permainan tradisional tengge-tengge di Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan penilaian produk. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 6 Kabila yang berjumlah 26 orang siswa dengan sampel penelitian sebanyak 6 orang siswa. Hasil dari penelitian ini berupa model konseptual pembelajaran IPA berbasis permainan tradisional tengge-tengge di Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Bone Bolango. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah panduan model konseptual pembelajaran IPA dengan hasil validasi yang diperoleh yaitu untuk validasi ahli bahasa mendapatkan persentase skor 93%, validasi ahli model pembelajaran mendapatkan persentase skor 97,72% atau 98%, dan validasi ahli praktisi mendapatkan persentase skor 100% dengan skor rata-rata hasil validasi yang diperoleh 97% dengan kriteria kevalidan ƒ..."sangat validƒ‚. Kata kunci: Model Pembelajaran, Permainan Tradisional, Tengge-Tengge. ABSTRACT Abdulrahman, Silvianingsih. 2020 Development of a Natural Science Learning Model Based on the Traditional Tengge-Tengge Game in Class V Elementary Schools in Bone Bolango Regency. Essay. Elementary School Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd and Advisor II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. This research is a type of research development (Research and Development). Development design is carried out based on the 4-D development model developed by Thiagarajan, consisting of the defining, design, development and dissemination stages. The formulation of the research problems, namely, 1) What is the real condition of the implementation model of science learning in elementary schools, 2) How is the science conceptual learning model based on the traditional game Tengge-tengge in elementary schools, and 3) How is the validity of the conceptual model of learning science based on traditional games Tengge-Tengge in Elementary School. Methods of data measurement by observation, documentation, and product assumptions. The subjects of this study were 26 students of class V SDN 6 Kabila with a total of 6 students. The results of this study were in the form of a science conceptual learning model based on the traditional game Tengge-Tengge in Class V Elementary School, Bone Bolango Regency. The product produced from this study is a science conceptual learning model guide with the validation results obtained, namely for the validation of linguists getting a score proportion of 93%, expert validation of learning models getting a score proportion of 97.72% or 98%, and expert validation getting a score proportion of 100. % with an average score of validation results obtained by 97% with the validity criteria "very valid". Keywords: Learning Model, Traditional Games, Tengge-Tengge.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011