Penulis / NIM
SRI ANGGRAINI SAUD / 151416022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Sri Anggraini Saud. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menyusun Paragraf Menggunakan Metode Scramble Siswa Kelas V SDN No.86 Kota Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd, Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.P.d, M.Pd
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode Scramble dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun paragraf dikelas V SDN No.86 Kota Tengah? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyusun paragraf menggunakan metode Scramble. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Pada observasi awal sebanyak 7 orang siswa atau sebesar 35% dari 20 siswa memiliki kemampuan dalam menyusun paragraf. Pada siklus I setelah menggunakan metode Scramble mengalami peningkatan menjadi 13 orang atau sebesar (65%). Pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 18 orang siswa atau (90%) dari 20 jumlash siswa. Disimpulkan bahwa metode Scramble dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun paragraf siswa kelas V di SDN No.86 Kota Tengah.
Kata Kunci : Paragraf, Scramble
ABSTRACK
Sri Anggraini saud. 2020. Improving Skill in Composing Paragraf by Using Scramble Method at Students of Grade V at SDN No.86 Kota Tengah. Skripsi. Depertment of Elementary Teacher Educatiom, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Yusuf Jafar,M.Pd, and the co-supervisior is Dra.Hj. Salma Halidu,S.Pd, M.Pd
Problem statement of this research was ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..."Does Scramble method improve studentsƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚‚ skill in composing paragraph at grade V of SDN No.86 Kota Tengah?ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚ The objective of the research was to improve skill in composing paragraph by using Scarmble method. The research applied a classroom action research method. The technique of data collection used observation, test, and documentation.
In the initial observation, 7 students or 35% out of 20 students had skill in composing a paragraph. After the implementation of cycle I by using Scramble method, it improved to 13 students or 65% The result improved too in cycle II to 18 students or 90%. In brief, the scramble method could improve skill in composing paragraph atstudents of grade V at SDN No.86 Kota Tengah.
Keyword : Paragraph, Scramble
Download berkas