Penulis / NIM
FEBRIYANTI SIRU / 151416029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Febriyanti Siru.2020. Meningkatkan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas III SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui pendekatan matematika realistik hasil belajar pembagian bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat meningkatkat ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pembagian bilangan cacah melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas III SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Metode peneletian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 23 siswa kelas III yang hasil belajar pembagian bilangan cacah dengan memperoleh nilai 70 keatas sebanyak 12 siswa atau 52% dan masih terdapat 11 siswa atau 48% yang hasil belajarnya masih rendah dengan memperoleh nilai dibawah 70. Hasil tersebut belum mencapai indikator yang ditentukan yaitu 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada pembelajaran siklus II, diperoleh dari 23 siswa kelas III yang hasil belajar pembagian bilangan cacah dengan memperoleh nilai 70 keatas berjumlah 20 siswa atau 87% dan terdapat 3 siswa atau 13% yang masih memperoleh nilai dibawah 70. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui pendekatan matematika realistik hasil belajar pembagian bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Pembagian Bilangan Cacah, Hasil Belajar, Pendekatan Matematika Realistik (PMR)
ABSTACT
Febriyanti Siru.2020. Improving Students' Learning Outcomes on the Division of the Whole Number through Realistic Mathematical Approach at Grade III of SDN (Elementary School) of 3 Batudaa, Gorontalo District. Skripsi, Departemen of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Dra. Samsiar Rivai,S.Pd, M.Pd, anda the Co-supervisor is Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
The research problem is whether or not the realistic mathematical approach can improve students¢â„¢ learning outcomes on the division of the whole number at grade III of SDN (Elementary School) of 3 Batudaa, Gorontalo District. It aims to improve students¢â„¢ learning outcomes on the division of the whole number through realistic mathematical approach at grade III of SDN (Elementary School) of 3 Batudaa, Gorontalo District. It is a classroom action reserach.
The results of cycle I are: out of 23 students at grade III, there are 12 students who obtain scores of 70 above while the rest 52% or 11 students or 48% obtain low scores or below 70. The result has not reached the deterninde indicator, which is 80%, therefore the cycle is continued to cycle II. In cycle II, out of 23 students, there are 20 students or 87% who obtain scores of 70 above while 3 students or 13% obtain low scores or below 70. The conclusion is realistic mathematical approach can improve students¢â„¢ learning outcomes on the divisionof the whole number at grade III of SDN (Elementary School) of 3 Batudaa, Gorontalo District.
Download berkas