SKRIPSI

Penulis / NIM
FEGGY REGISTA CAMARU / 151416031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Camaru, Feggy Regista. 2020. Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Di SDN 3 Telaga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa SDN 3 Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, angket (kuesioner), Wawancara Tidak Terstruktur dan dokumentasi. Adapun siswa yang menjadi sampel penelitian berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukkan bahwa perpustakaan dimanfaatkan sesuai dengan peran perpustakaan yaitu sebagai pusat informasi yang memberitahukan pesan yang terkandung dalam buku; sebagai pusat inovasi atau tempat tumbuhnya ide-ide kreatif yang dapat membantu menciptakan suatu karya bermanfaat; dan sebagai pusat sumber belajar untuk pencarian literatur atau bahan untuk proses pembelajaran. Dengan demikian, melalui pemanfaatan perpustakaan inilah diharapkan siswa dapat mengembangkan prestasi maupun kreativitasnya. Kata Kunci: Pemanfaatan, Perpustakaan Camaru, Feggy Regista. 2020. Descriptive Study of the Use of School Libraries at SDN 3 Telaga. Essay. Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd and Advisor II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd This research aims to find out: how the utilization of the library in SDN (Elementary School) of 3 Telaga. It is a quantitative descriptive. The method of data collection is observation, questionnaire, ustructured intreview and documentation. The samples are 30 students. Based on the result and discussion, it shows that the library is used in accordance with the role of the library which is as the center of information to convey the messages in the books; as the center of innovation or a place where creative ideas grow to help create benefical works; and the center of learning sources to find out literature or material for the learning process. Thus, student are expected to abtain achievements or creativity through library utilization. Keywords:Utilization, Library
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011