SKRIPSI

Penulis / NIM
KRISMONITA DIMAN / 151416034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Krismonita Diman.2020. Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Media Petak Persegi Satuan Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai,S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd,M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui media petak persegi satuan dapat meningkatkan pemahaman konsep luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas IV SDN 03 Batudaa, Kabupaten Gorontalo?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep luas persegi dan persegi panjang melalui media petak persegi satuan pada siswa kelas IV SDN 03 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 21 siswa kelas IV yang paham konsep luas persegi dan persegi panjang dengan perolehan nilai 70 keatas sebanyak 12 siswa atau 57% dan masih ada 9 siswa atau 43% yang kurang paham dengan perolehan nilai dibawah 70. Hasil tersebut belum mencapai indikator yang ditentukan yakni 75%, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada pembelajaran siklus II, diperoleh data dari 21 siswa kelas IV yang paham konsep luas persegi dan persegi panjang dengan perolehan nilai 70 keatas yakni ada 18 siswa atau 86% dan 3 siswa atau 14% yang kurang paham dengan perolehan nilai dibawah 70. Dengan demikian, disimpulkan bahwa melalui media petak persegi satuan pemahaman konsep luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas IV SDN 03 Batudaa Kabupaten Gorontalo Meningkat. Kata Kunci: Konsep Luas Persegi dan Persegi Panjang, Media Petak Persegi Satuan ABSTRACT Krismonita Diman. 2020. Improving the Understanding of the Concept of Square and Rectangular Areas through the Media of the Unit Square Plots in Grade IV Students of SDN 03 Batudaa, Gorontalo District. Thesis, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd and Supervisor II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. The problem in this research is whether through the media of unit square plots can improve understanding of the concept of square and rectangular areas in grade IV SDN 03 Batudaa, Gorontalo District ?. The purpose of this study was to improve the understanding of the concept of square and rectangular areas through the media of unit square plots in grade IV SDN 03 Batudaa, Gorontalo District. The research method used was Classroom Action Research (PTK). The results of the research on learning cycle I obtained data, from 21 fourth grade students who understood the concept of square and rectangular areas with scores of 70 and above as many as 12 students or 57% and there were still 9 students or 43% who did not understand the acquisition of scores below 70. These results have not reached the specified indicator, namely 75%, so it is continued in cycle II. In the second cycle of learning, data were obtained from 21 grade IV students who understood the concept of square and rectangular areas with scores of 70 and above, namely 18 students or 86% and 3 students or 14% who did not understand the acquisition of scores below 70.Thus, It is concluded that through the media of square plots, the understanding of the concept of square and rectangular areas in grade IV SDN 03 Batudaa Gorontalo District increases. Keywords: Square and Rectangular Area Concepts, Unit Square Plot Media
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011