SKRIPSI

Penulis / NIM
ZULHAM BIDALO / 151416035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Zulham Bidalo. 2020. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV di SDN 04 Bulango Timur, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, M.Pd. Pembimbing II Sumarni Mohammad, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian adalah ƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒ..."Apakah terdapat Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV di SDN 04 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolangoƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚?. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV di SDN 04 Bulango Timur. Jenis penelitian ini menggunakan model Expo Facto dan Subjek Sampel dari Penelitian ini berjumlah 19 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Pembagian Angket dan Dokumentasi. Berdasarkan penelitian hasil uji t diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel (X) lingkungan sekolah terhadap variabel (Y) keterampilan membaca. Hal ini dibuktikan dengan uji t yaitu 5,307 sedangkan pada t tabel 2,093 pada taraf signifikan 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu juga diproleh persamaan regresi Y= 78,743 + (-151) X. Sehingga dapat disimpulkan hasil dari uji t, terdapat pengaruh yang positif dan signifikasi variabel Lingkungan Sekolah Terhadap Keterampilan Membaca Siswa di SDN 4 Bulango Timur yang ditunjukan dengan koefisien determinasi sebesar 5,307. Serta dapat diartikan Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Keterampilan Membaca sebesar 53,07% dan 46.93% dipengaruhi oleh bangunan sekolah dan letak geografis di lingkungan SDN 04 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Keterampilan Membaca ABSTRACT Zulham Bidalo. 2020. The Effect of the School Environment on Reading Skills of Class IV Students at SDN 04 Bulango Timur, Thesis, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Salma Halidu, M.Pd. Supervisor II Sumarni Mohammad, M.Pd. The formulation of the problem in the study was "Is there an influence of the school environment on the reading skills of fourth grade students at SDN 04 Bulango Timur, Bone Bolango Regency"? The research objective was to determine the effect of the school environment on reading skills of fourth grade students at SDN 04 Bulango Timur. This type of research uses the Expo Facto model and the sample subjects of this study are 19 people. This study uses data collection techniques through the distribution of questionnaires and documentation. Based on the research t test results, it is known that there is a significant effect of the variable (X) school environment on the variable (Y) reading skills. This is evidenced by the t test that is 5.307 while the t table is 2.093 at a significant level of 0.05, which means that Ha is accepted. In addition, the regression equation Y = 78,743 + (-151) X is also obtained. So that it can be concluded that the results of the t test, there is a positive and significant influence of the School Environment variable on Student Reading Skills at SDN 4 Bulango Timur as shown by a coefficient of determination of 5.307. And it can be interpreted that the influence of the school environment on reading skills is 53.07% and 46.93% is influenced by school buildings and geographic location in the SDN 04 Bulango Timur, Bone Bolango Regency. Keywords: School Environment, Reading Skills
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011