SKRIPSI

Penulis / NIM
GUNAWAN S. HARUN / 151416036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Harun, Gunawan S. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Permainan Tradisional Awuta Di Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Pengembangan (Resarch and Development). Rancangan penelitian pengembangan dilakukan berdasarkan model pengembangan perangkat 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), dan pengembangan (Development). Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kondisi real model pembelajaran IPA di Sekolah Dasar; 2) Bagaimana model konseptual pembelajaran IPA berbasis permainan tradisional Awuta yang akan dikembangkan; dan 3) Bagaimana kevalidan model konseptual Pembelajaran IPA berbasis permainan tradisional Awuta di Sekolah Dasar. Pengumpulan data diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian produk. Hasil penelitian yaitu kondisi objektif penerapan model pembelajaran IPA, dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN 4 Bulango Timur yang berjumlah 16 orang siswa dengan sampel penelitian sebanyak 6 orang siswa. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah panduan model konseptual pembelajaran IPA berbasis permainan tradisional Awuta dengan hasil validasi yang diperoleh yaitu untuk validasi ahli bahasa mendapatkan persentase skor 95,45%, validasi ahli model mendapatkan persentase skor 97,72%, dan validasi ahli praktisi mendapatkan persentase skor 90,90%, dengan rata-rata skor hasil rekapan validasi ahli yang diperoleh yaitu 94,69% dengan kriteria kevalian "Sangat Valid" dan dapat diujicobakan dengan revisi kecil. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Permainan Tradisional Awuta Harun, Gunawan S. 2020. The Development of Awuta Traditional Game-based Natural Science Learning Model at Grade V of Elementary School in Bone Bolango District. departemen of Elementary Teacher Education, Faculty of Education. State University of Gorontalo. The principal supervisor is Dr. Asni Ilham, M. Si., and the co-supervisor is Gamar Abdullah, S. Si., M. Pd. The research was research and development. The deign of this research was carriedout based on a-4-D device development model developed by Thiagarajan, which comprised stages of define, design, and development. Problem statements of this research were 1) how the real condition of the implementation of Natural Science learning at Elementary School was, 2) how the conceptual model of Awuta traditional game-based Natural Science learning model that would be developed, and 3) how the validity of the conceptual model of Awuta traditionalgame-based Natural Science learning model at Elementary School was. The date were collected by using observation, interview, documentation, and product assessment. The research finding found the objective condition of the implementation of Natural Science learning model, which involved 16 students at grade V of SDN 4 Bulango Timur, while the samples were 6 students. The product created in this research was a guideline for the conceptual model of Awuta tradisional game-based Natural Science learning model with following results of validation; linguist validation obtained percentage of 95,45%, leraning model expert validation obtained percentage of 97,72%, and practitioner expert validation obtained percentage of 90,90%with average score of expert validation recap result of 94,69% with ƒ..."very validƒ‚ criteria and could be tested with minior revision. Keywords: Learning Model, Awuta Traditional Game
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011