SKRIPSI

Penulis / NIM
WUNSELA BAHAR / 151416040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Bahar, Wunsela. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Permainan Tradisional Tulawota di Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo .Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Rancangan pengembangan dilakukan berdasarkan model pengembangan perangkat 4-D (Four-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), dan pengembangan (Develop). Rumusan masalah penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana kondisi real model pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar, 2) Bagaimana model konseptual pembelajaran IPA berbasis permainan tradisional tulawota yang dikembangkan, dan 3) Bagaimana kelayakan model konseptual pembelajaran IPA berbasis permainan tradisional tulawota di kelas V Sekolah Dasar. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian produk. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo dengan mengambil sampel penelitian yaitu siswa kelas V SDN 3 Telaga yang berjumlah 24 siswa. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah panduan model konsepual pembelajaran IPA berbasis permaianan tradisional Tulawota di kelas V sekolah dasar dengan hasil validasi yang diperoleh yaitu untuk validasi ahli bahasa mendapatkan persentase skor 88,63%, validasi ahli model mendapatkan persentase skor 95,45% dan validasi ahli praktisi mendapatkan persentase skor 95,45%, dengan rata-rata skor yang diperoleh yaitu 93,18% untuk kriteria kevalidan "Sangat valid" dan dapat diujicobakan dengan revisi kecil. Kata kunci: Model Konseptual Pembelajaran , Permainan Tradisional Tulawota. Bahar, Wunsela. 2020. Development of a Natural Science Learning Model Based on Traditional Tulawota Games in Class V Elementary Schools in Gorontalo District. Department of Elementary School Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd and Advisor II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. This research is a type of research development (Research and Development). The development design was carried out based on the 4-D (Four-D) device development model developed by Thiagarajan, consisting of the defining (Define), design and development (Develop) stages. The formulations of the research problems are, 1) What is the real condition of the science learning model in grade V elementary schools, 2) How is the conceptual model of learning science based on the traditional tulawota game being developed, and 3) How is the feasibility of the conceptual model of learning science based on traditional games of tulawota in class V Primary school. Data collection is obtained through observation, interviews, documentation and product assessment. This research was conducted in Gorontalo District by taking research samples, namely students of class V SDN 3 Telaga, totaling 24 students. The product produced from this study is a guide to the conceptual model of learning science based on traditional Tulawota games in grade V elementary schools with the validation results obtained, namely the validation of linguists getting a score of 88.63%, expert model validation getting a score percentage of 95.45% and validation expert practitioners get a percentage score of 95.45%, with the average score obtained is 93.18% for the validity criteria "Very valid" and can be tested with minor revisions. Keywords: Conceptual Model of Learning, Tulawota Traditional Games.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011