Penulis / NIM
ANDARISTA PUNI / 151416041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Puni, Andarista. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kerjasama Peserta Didik Kelas Di Kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd., M.Si dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Pd., M.Si.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ..."Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kerjasama peserta didik dalam muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Tilango. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experimental designs dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Variabel independen (variabel bebas) yaitu model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan variabel dependen (variabel terikat) yaitu kerjasama. Sampel yang digunakan sebanyak 46 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata hasil observasi kerjasama peserta didik pada kelas eksperimen 82,68 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil observasi kelas kontrol 73,5. Hasil pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji One Way ANOVA diperoleh nilai signifikansi kerjasama adalah 0,003 < 0,05 dan Fhitung > Ftabel yaitu 10,141 > 1.711. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kerjasama peserta didik pada muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Model Two Stay Two Stray, Kerjasama
Download berkas