SKRIPSI

Penulis / NIM
ANISYA NATHASYA SUWARIADY / 151416042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Anisa Nathasya Suwariyadi. 2021. Pengaruh Penggunaan Model Problem Solving Terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK kelas IV SDN 2 Tapa, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, M.Pd dan pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh penggunaan model problem solving terhadap hasil belajar FPB dan KPK kelas IV SDN 2 Tapa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh problem solving terhadap Hasil Belajar KPK dan FPB pada siswa kelas IV di SDN 2 Tapa. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Desain penelitian one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh problem solving terhadap Hasil Belajar KPK dan FPB secara signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika Hasil ini dapat ditinjau dari nilai rata-rata pretest dalam pembelajaran adalah 49,4 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan nilai rata-rata posttest menjadi 80,2 Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t posttest pada taraf a = didapat thitung 7,908 dengan ttabel adalah 2,063 atau (thitung 7,908 tabel 2,063) Hal ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Problem solving Terhadap Hasil Belajar KPK dan FPB pada siswa kelas IV di SDN 2 Tapa. Kata kunci: KPK dan FPB, Problem solving ABSTRACT Anisa Nathasya Suwariyadi. 2021. The Effect of Using Problem Solving Models on Learning Outcomes of FPB and KPK Class IV SDN 2 Tapa, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Advisor I Dra. Samsiar Rivai, M.Pd and advisor II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. The problem of this research is whether there is an effect of using problem solving model on learning outcomes of FPB and KPK class IV SDN 2 Tapa?. The purpose of this study was to describe the effect of problem solving on the learning outcomes of KPK and FPB in fourth grade students at SDN 2 Tapa. This type of quantitative research is descriptive. One group prettest-posttest research design. This study uses data collection techniques through tests and documentation. The sample of this research is the fourth grade students as many as 25 people. The results showed that the effect of problem solving on the ability to complete the KPK and FPB significantly on Mathematics Learning Outcomes. This is reinforced by the results of hypothesis testing with posttest t-test at level a = obtained tcount 7.908 with ttable 2.063 or (tcount 7.908 ttable 2.063) This shows that there is an effect of the use of problem solving on learning outcomes of KPK and FPB in fourth grade students in SDN 2 Tapa. Keywords: KPK and FPB, Problem solving
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011