SKRIPSI

Penulis / NIM
MARNI HAMRIN / 151416043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK Marni Hamrin 151 416 043 ..."Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku Cerita Bergambar Di Kelas II SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Tugas Akhir Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II. Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Media Buku Cerita Bergambar Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo Meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas II SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah Peneltian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas II sebanyak 17 orang. Pada observasi awal menunjukkan bahwa siswa yang memiliki hasil belajar tuntas sebanyak 5 orang siswa dengan presentase 29%, setelah dilakukan penelelitian pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang memiliki hasil belajar tuntas sebanyak 7 orang siswa dengan presentase 41% dan pada siklus II sebanyak 14 orang siswa dengan presentase 82%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Membaca Permulaan, Media Buku Cerita Bergambar ABSTRACT Marni Hamrin 151 416 043 "Improving Early Reading Ability through Picture Story Books in Class II SDN 2 Tilango, Gorontalo District". Thesis Final Project. Primary School Teacher Education Department, Faculty of Education. Advisor I. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd, Advisor II. Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd. The formulation of the problem in this research is "Is it through the Media of Picture Story Books the Early Reading Ability of Class II SDN 2 Tilango Students in Gorontalo District Increased? The purpose of this study was to improve the students' ability to read pre-beginnings through the pictorial story book media of the second grade students of SDN 2 Tilango, Gorontalo district. The method used is classroom action research. This study uses data collection techniques through observation, interviews, tests and documentation. The subjects of this study were class II totaling 17 people. Initial observations show that students who have complete learning outcomes are 5 students with a percentage of 29%, after research in cycle I shows that students who have complete learning outcomes are 7 students with a percentage of 41% and in cycle II as many as 14 students with a percentage of 82%. The results in cycle II have reached the predetermined success indicators, so it can be concluded that using picture story books media can improve student learning outcomes in Indonesian subjects in Class II SDN 2 Tilango Gorontalo District. Keywords: Beginning Reading, Picture Book Media
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011