Penulis / NIM
NURKHUMYRO N. MIOLO / 151416045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Miolo, Nurkhumairoh. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas III SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ƒƒ‚‚ƒ..."Apakah terdapat pengaruh penggunaan media blok pecahan terhadap pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontaloƒƒ‚‚ƒ‚. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media blok pecahan terhadap pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan bentuk one-grup pretest-posttest design. Variabel independen (variabel bebas) yaitu media blok pecahan dan variabel dependen (variabel terikat) pemahaman konsep pecahan. Sampel yang digunakan sebanyak 18 siswa.
Nilai rataƒƒ‚-rata hasil pretest 48,3 dan posttes 88,6 artinya nilai rata-rata pretest lebih rendah dari nilai rata-rata posttes. Hasil dalam pengujian hipotesis adalah thitung sebesar 15,907 sedangkan ttabel = 1,734 maka HO ditolak dan HI diterima. Karena dalam kriteria pengujiannya H0 ditolak jika thitung > ttabel Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media blok pecahan terhadap pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo..
Kata Kunci : Media Blok Pecahan, Pemahaman Konsep Pecahan
Download berkas