SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI RABIYANTI LABANTU / 151416047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK Sri Rabiyanti Labantu, 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Di Kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd Dan Pembimbing II Dr. Rusmin Husain, S,Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil capaian pada observasi awal menunjukan bahwa, dari 22 siswa hanya 6 (27%) siswa termasuk pada kategori mampu membaca pemahaman. Pada siklus I sebanyak 7 (32%) siswa yang mampu membaca pemahaman, 10 siswa (45%) termasuk pada kategori tidak mampu membaca pemahaman. Jumlah dan presentase tersebut meningkat pada siklus II menjadi 18 (82%) siswa yang mampu membaca pemahaman sedangkan sisanya 4 siswa (18%) yang kurang mampu berdasarkan indikator membaca pemahaman yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 2 tilango kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Abstract Sri Rabiyanti Labantu, 2020. Improving Reading Comprehension Skill through Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Model at Grade V of SDN 2 Tilango of Gorontalo District. Skripsi. Department of Elementary Teacher Education Faculty od Education, State University of Gorontalo. The principal supervisior is Dra. Evi Hasim, M.Pd., and the co-supervisor is Dr. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd The problem in this research was, Does Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Model improve studentsƒƒ‚‚ƒ reading comprehension skill at grade V of SDN 2 Tilango of Gorontalo District ?. The objective of the research was to improve Reading and comprehension skill throught the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Model at grade V students of SDN 2 Tilango of Gorontalo District. The method applied in this research was Classroom action Research (CAR). The results of achievement in initial observation showed that out of 22 student. There were 6 students (27%) that included in the category of being able in reading comprehension. In cycle I, 7 student (32%) were able to reading comprehension. While 10 students (45%) were included in the category of being unable in reading comprehension. The previous number and percentage improved in cycle II in which there were 18 students (82%) who were able in reading comprehension. Whereas 4 students (18%) were less able based on the predetermined indicator of reading comprehension. Based on the research findings, it was concluded that the application of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Model could improve reading comprehension skill at students of grade V at SDN 2 Tilango of Gorontalo District.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011