Penulis / NIM
SUCIATI AMELIA KADIR / 151416050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Suciati Amelia Kadir. 2020. Meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui metode sosiodrama pada siswa kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum, Pembimbing II Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ..."Apakah melalui metode sosiodrama kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 2 Tilango Dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode sosiodrama pada siswa kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Peneliti ini menggunakan teknik pengumpulan data melalaui tes unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 22 siswa kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Penelitian dilakukan sebanyak II siklus. Hasil keterampilan berbicara yang diperoleh pada siklus I yang mencapai ketuntasan hanya 9 siswa yaitu 42%, dan mengalami peningkatan setelah dilaksanakan siklus II dengan hasil yang diperoleh dari peneliti ini adalah terjadi peningkatan kemampuan berbicara, baik dari aspek kebahasaan dan nonkebahasaan. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan berbicara siswa pada siklus II, yang sudah mencapai ketuntasan berjumlah 18 orang yaitu mencapai 82%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN II Tilango kabupaten Gorontalo.
Kata kunci: kemampuan berbicara, metode sosiodrama
ABSTRACT
Suciati Amelia Kadir 2020, Imroving Students Speaking Ability at Class of V, SDN 2 Tilango, Gorontalo District through the Application of Socio Drama Method. Departemen Of Elementary Teacher Education, Faculity of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisiol is Dra. Dajani Suleman, M.Hum, and the co- supervisior is Dra. Hj Evi Hasim, M.Pd.
The problem statemen of this research is whether or not students speaking ability at class of V, SDN 2 Tilango, Gorontalo District can be improved through the application of socio drama method. It aims at improving students speaking ability at class of V, SDN 2 Tilango, Gorontalo District through the application socio drama method. It is a classroom action research conducted in two cycles. the techniques of data collection are performance test, observation, and documentation. The research subjects are a teacher and 22 students at class of V, SDN 2 Tilango, Gorontalo Dustrict
Findings reveal that in cycle I, only 9 (42%) students who get the maximum learning achievement and the number improves in cycle II to be be 18 students or 85%. The improvement after the implementation of cycle II is occurred both in linguistic and non-linguistic aspects. Therefore, it can be concluded that students speaking ability at class of V, SDN 2 Tilango, Gorontalo District can be improved through the application socio drama method.
Keywords: Speaking Ability, Socio Drama Method
Download berkas