Penulis / NIM
MELISA POMANTO / 151416051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Pomanto, Melisa. 2021. Meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode role playing siswa kelas V SDN 10 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode role playing kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 10 Kwandang Dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas V SDN 10 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Peneliti ini menggunakan teknik pengumpulan data melalaui tes unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 22 siswa kelas V SDN 10 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan berbicara melalui metode role playing pada siklus I pertemuan I sebanyak 5 orang siswa dengan persentase 23% , pada siklus I pertemuan II sebanyak 9 orang siswa dengan persentase 41%, sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebanyak 15 orang dengan persentase 68%, pada siklus II pertemuan II sebanyak 18 orang siswa dengan persentase 82%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode role playing pada siswa kelas V SDN 10 Kwandang meningkat.
Download berkas