SKRIPSI

Penulis / NIM
YULINDAWATI MAHI / 151416052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK Mahi, Yulindawati. 2020. Pengaruh Media Teka Teki Silang (TTS) dan Rasa Ingin Tahu Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Siklus Hidup dan Pelestariannya di Kelas IV SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam I. Husain, S.Ag., M.Pd. Rumusan masalah penelitian, meliputi: (1) apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tilango yang menggunakan media TTS dengan yang tidak menggunakan media TTS?, (2) untuk rasa ingin tahu tinggi, apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tilango yang menggunakan media TTS dengan yang tidak menggunakan media TTS?, (3) untuk rasa ingin tahu rendah, apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tilango yang menggunakan media TTS dengan yang tidak menggunakan media TTS?, (4) apakah ada pengaruh interaksi media TTS dan rasa ingin tahu terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tilango?. Desain penelitian ini adalah Treatment by Level 2x2, dengan dua variabel bebas yakni media TTS dan rasa ingin tahu, dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Tilango yang berjumlah 40 siswa, pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumntasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh penggunaan media TTS dan rasa ingin tahu terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN 2 Tilango. Untuk rasa ingin tahu tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas yang menggunakan media TTS dan kelas yang tidak menggunakan media TTS. Untuk rasa ingin tahu rendah, terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas yang menggunakan media TTS dan kelas yang tidak menggunakan media TTS. Sehingga dari perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan tingkat rasa ingin tahunya, dapat disimpulkan terdapat pengaruh interaksi antara media TTS dan rasa ingin tahu terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tilango. Kata Kunci: Media, TTS, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar. ABSTRACK Mahi, Yulindawati. 2020. The influence of Crossword Puzzle Media and Students Curiosity towards Students Learning Outcomes at life Cycle and Its Preservation Material at Grade IV of SDN 2 Tilango of Gorontalo District. Skripsi, Study Program of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd, and the Co-supervisor is Dr. Rustam I. Husain, S.Ag., M.Pd. The research problems are: (1) is there any difference between the students learning outcomes at Grade IV of SDN 2 Tilango who use crossword puzzle media and those who do not use crossword puzzle media?, (2) for high curiosity, is there any difference between the students learning outcomes at Grade IV SDN 2 Tilango who use crossword puzzle media and those who do not use crossword puzzle media?, (3) for low curiosity, is there any difference between the students learning outcomes at Grade IV of SDN 2 Tilango who use crossword puzzle media and those who do not use crossword puzzle media?, (4) is there any influence of the interaction of crossword puzzle media and curiosity toward students learning outcomes. The research design employed Treatment by level 2x2 with two independent variables, namely crossword puzzle media and curiosity, and one dependent variabel, namely learning outcomes. Moreover, the research subjects are students Grade IV of SDN 2 Tilango as much as 40 students. The data collection technique is done through questionnaires, test, and documentation. The finding reveals that there is an influence of the use of crossword puzzle media and curiosity toward students learning outcomes at Grade IV of SDN 2 Tilango. Furthermore, for high curiosity, there is difference in learning outcomes in class the use crossword puzzle media, and class that does not use crossword puzzle media. For low curiosity, there is a difference in learning outcomes in class that use crossword puzzle media, and class do not use crossword puzzle media. Therefore, from the difference of students learning outcomes at experimental class and control class based on the level of curiosity, it can be concluded that there is an influence of interaction between crossword puzzle media and curiosity towards students learning outcomes at Grade IV of SDN 2 Tilango. Keyword: Media, Crossword Puzzle, Curiosity, Learning Outcomes
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011