SKRIPSI

Penulis / NIM
NYOMAN ARIANI / 151416056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK Ariani, Nyoman. 2020. Pengaruh Media Teka Teki Silang (TTS) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Materi Siklus Hidup dan Pelestariannya di Kelas IV SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam I. Husain, S.Ag., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian, meliputi 1) apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tilango yang menggunakan media TTS dengan yang tidak menggunakan media TTS ?; 2) untuk motivasi belajar tinggi, apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tilango yang menggunakan media TTS dengan yang tidak menggunakan media TTS ?; 3) untuk motivasi belajar rendah, apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tilango yang menggunakan media TTS dengan yang tidak menggunakan media TTS ?; 4) apakah ada pengaruh interaksi media TTS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tilango ?. Penelitian ini menggunakan desain treatment by level 2x2, dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 2 Tilango. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media TTS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media TTS. Untuk motivasi tinggi, hasil belajar siswa yang menggunakan media TTS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media TTS. Sedangkan, untuk motivasi rendah, hasil belajar siswa yang menggunakan media TTS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media TTS. Berdasarkan hasil belajar siswa dan juga tingkat motivasi belajar siswa, media TTS memiliki pengaruh yang sangat besar, hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan media TTS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media TTS. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media TTS dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA khususnya pada materi siklus hidup dan pelestariannya. Kata Kunci: Media, Teka Teki Silang (TTS), Motivasi, Hasil Belajar ABSTRACT Ariani, Nyoman. 2020. The Effect of Crossword Puzzle Media and Learning Motivation towards Studentƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚‚s Learning Outcome on Life Cycle and Its Preservation Materials at IV Class of SDN 2 Tilango, Gorontalo District. Skripsi. Study program of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd, and co supervisor is Dr. Rustam I. Husain, S.Ag., M.Pd. The research problems include 1) is there any difference in learning outcomes between student of IV class who are applied crossword puzzle media and students who are not at SDN 2 Tilango?; 2) for high learning motivation, is there any difference in learning outcomes between students of IV class who are applied crossword puzzle media and students who are not at SDN 2 Tilango?; 3) for low learning motivation is there any difference in learning outcomes between students of IV class who are applied crossword puzzle media and students who are not at SDN 2 Tilango?; 4) is there any effect of interaction of crossword puzzle media in classroom activites and learning motivation towards studentsƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚‚ learning outcomes at IV class of SDN 2 Tilango?. The research applies treatment by level 2x2 design while the research subject is students at IV class of SDN 2 Tilango. The research findings revealed that the application of crossword puzzle media had increased studentsƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚‚s learning outcome compared to those who did not use crossword puzzle. High learning motivation: students who applied crossword puzzle media had higher learning outcome than students who where not. Low learning motivation: students who were applied crossword puzzle media had higher learning outcome than students who were not. Crossword puzzle media had significant influence on studentsƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚‚ learning outcome and level of motivation. It can be proved by higher studentsƒƒ‚‚ƒ‚ƒ‚ƒ‚ƒƒ‚‚ƒ‚‚ average scores at IV class compared to another class. Therefore, the application of crossword puzzle media can be used in science learning process particularly on life cycle and its preservation materials. Keywords: media, crossword puzzle, learning motivation, learning noutcome
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011